ANALISIS MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMA PELITA RANTEPAO

Rantetampang, Deviliana (2021) ANALISIS MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMA PELITA RANTEPAO. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL DEVILIANA RANTETAMPANG 191051401021.pdf

Download (295kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Gambaran motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring. (2) Gambaran hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring. (3) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring di SMA Pelita Rantepao. Jenis Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model analisis Miles dan Huberman: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring di SMA Pelita terdiri atas dua faktor yaitu faktor intrinsic yaitu cita-cita, Hasrat untuk belajar, minat, kemandirian, serta optimisme, peneliti juga mendapatkan bahwa motivasi belajar siswa SMA Pelita Rantepao dalam pembelajaran daring adalah kemampuan menerima perubahan, pantang menyerah menghadapi masalah dan inisiatif sedangkan motivasi ekstrinsik yaitu kondisi lingkungan, upaya guru dalam membelajarkan peserta didik, pemberian pujian, kompetisi dan teguran serta pemberian nilai. (2) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring di SMA Pelita Rantepao pada ranah kognitif adalah siswa mampu mengingat, memahami dan menerapkan materi yang telah mereka pelajari, pada aspek afektif siswa menerima dan menyambut proses pembelajaran yang dilaksanakan secara daring dan hasil belajar untuk aspek psikomotorik yaitu siswa mampu mempraktekkan apa yang telah dipelajarinya. (3) Faktor Pendukung pembelajaran daring di SMA Pelita Rantepao dukungan dari kepala sekolah, kemahiran guru dalam menggunakan teknologi, kemajuan teknologi memberikan kemudahan bagi guru, serta orang tua siswa mendukung pembelajaran daring yang dilaksanakan. faktor penghambat pembelajaran daring di SMA Pelita Rantepao yaitu peserta didik kesulitan dalam memahami materi, peserta didik mengalami kehabisan kuota saat mengikuti pembelajaran, peserta didik terkendala di jaringan, peserta didik kurang bersemangat ketika mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung. Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar, pembelajaran daring

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 29 Sep 2021 07:01
Last Modified: 29 Sep 2021 07:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21158

Actions (login required)

View Item View Item