PENGARUH MOTIVASI DAN STATUS SOSIAL TERHADAP MINAT PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 MAKASSAR DALAM MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI

Mahmud, Muliyati (2021) PENGARUH MOTIVASI DAN STATUS SOSIAL TERHADAP MINAT PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 MAKASSAR DALAM MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL MULIYATI MAHMUD.pdf

Download (143kB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kunci suatu negara mempersiapkan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan zaman. Hal tersebut telah disadari oleh para pendiri bangsa sehingga untuk menjamin keberlangsungan pelaksanaanya, maka mereka menjadikan pendidikan sebagai beban tanggung jawab pemerintah dengan memasukkan tanggung jawab tersebut menjadi salah satu elemen dalam batang pembukaan UUD 1945 alenia keempat yang berbunyi “untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban Minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dilihat dari adanya perasaan senang, adanya keinginan, adanya perhatian, adanya ketertarikan, adanya kebutuhan, adanya kebutuhan harapan, adanya dorongan dan kemampuan. Berdasarkan hal tersebut kajian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh motivasi terhadap minat peserta didik SMK Negeri 1 Makassar dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, 2) pengaruh status sosial terhadap minat peserta didik SMK Negeri 1 Makassar dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dan 3) pengaruh motivasi dan status sosial terhadap minat peserta didik SMK Negeri 1 Makassar dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian survey dengan pendekatan kuatitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi terhadap minat melanjutkan pendidikan. Hasil uji menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Terdapat pengaruh status sosial terhadap minat melanjutkan pendidikan. Hasil uji menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel. motivasi dan status sosial terhadap.minat melanjutkan pendidikan. Hasil uji menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel. Sehingga hipotesis penelitian ini diterima. Kata kunci : Motivasi, Status Sosial, Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:38
Last Modified: 24 Sep 2021 02:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21150

Actions (login required)

View Item View Item