Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Kelas VII.2 SMP Negeri 1 Makassar

Indra Dewi, Andi Yani (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Kelas VII.2 SMP Negeri 1 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

ABSTRAK Andi Yani Indra Dewi. 2013. Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Kelas VII.2 SMP Negeri 1 Makassar. Skripsi , Fakultas ilmu sosial, UNM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran PKn di Kelas VII.2 di SMP Negeri 1 Makassar yang berjumlah 40 siswa. Pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian adalah deskriptif dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Satu RPP dengan kompetensi dasar yakni kemerdekaan mengemukakan pendapat. Data dikumpulkan melalui obervasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran PKn di Kelas VII.2 SMP Negeri 1 Makassar. Pada Siklus I, capaian peningkatan untuk kelima indikator keberhasilan adalah 60%, sedangkan pada Siklus II terjadi peningkatan 100%, dengan nilai ketuntasan 85%. Peningkatan motivasi belajar tersebut terutama pada indikator keberhasilan yakni 1.menyukai /senang belajar, 2. kemauan/keinginan belajar, 3. minat terhadap pelajaran, 4. penghargaan belajar serta 5. dukungan lingkungan kelas yang kondusif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Feb 2017 05:18
Last Modified: 16 Feb 2017 05:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item View Item