Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Gaya Mengajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Atas MAN 1 MAKASSAR dan SMAN 15 MAKASSAR

SANGKURU, SANGKURU (2021) Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Gaya Mengajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Atas MAN 1 MAKASSAR dan SMAN 15 MAKASSAR. Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
sangkuru jurnal - Copy.pdf

Download (820kB)

Abstract

ABSTRAK SANGKURU, 2021. Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Gaya Mengajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Atas MAN 1 MAKASSAR dan SMAN 15 MAKASSAR (di bimbing oleh Hj hasmiyati dan Hikmad Hakim) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap perbedaan karakter siswa yang mengikuti spektrum gaya mengajar A-E dan spektrum gaya mengajar F-K. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode expost facto. Ada dua kelompok dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MAN 1 Makassar yang telah menerima spektrum gaya mengajar A-E dan siswa kelas XI SMAN 15 Makassar yang telah menerima spektrum gaya mengajar F-K. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI pada MAN 1 Makassar dan siswa kelas XI pada SMAN 15 Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, yang totalnya berjumlah 396 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel adalah 200 siswa yang terbagi atas 100 siswa yang berasal dari kelompok gaya mengajar spektrum A-E serta 100 siswa yang berasal dari kelompok gaya mengajar spektrum F-K. Instrumen yang digunakan adalah angket karakter siswa yang terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor karakter siswa yang mengikuti gaya mengajar spektrum A-E berada pada kategori tinggi, (2) skor karakter siswa yang mengikuti gaya mengajar spektrum F-K berada pada kategori tinggi, (3) terdapat perbedaan yang signifikan dari skor karakter siswa yang mengikuti spektrum gaya mengajar A-E dan spektrum gaya mengajar F-K. Kata Kunci: Gaya Mengajar, Pendidikan Karakter, Pendidikan Jasmani.

Item Type: Article
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Sep 2021 06:18
Last Modified: 15 Sep 2021 06:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21104

Actions (login required)

View Item View Item