PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, KEPRIBADIAN, DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 MAKASSAR

Gabriella, Joan (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, KEPRIBADIAN, DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 MAKASSAR. Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL JOAN GABRIELLA.pdf

Download (392kB)

Abstract

Email: 1 , thamrin@unm.ac.id2,abd.rahim@unm.ac.id3 Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desktiptif dan kasual yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan keluarga, kepribadian, dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkungan keluarga, kepribadian, dan motivasi berwirausaha, sedangkan variabel terikatnya adalah minat berwirausaha siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar sebanyak 3 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas XII BDP 1 dengan jumlah siswa 34 orang, XII BDP 2 dengan jumlah 34 siswa, dan kelas XII BDP 3 dengan jumlah 35 siswa. Data hasil penelitian diperoleh melalui koesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis statistika uji F 165,441 > Ftabel 2,72 sig 0,000 < 0,05 dan nilai adjusted R2 0,859. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Lingkungan Keluarga, Kepribadian dan motivasi berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar. Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Kepribadian, Motivasi, Minat Berwirausaha The number of job seekers is not balanced with the available jobs resulting in increasing unemployment. Efforts made are entrepreneurship. Interest in entrepreneurship can grow because of the influence of the family environment, personality, and motivation. This research was conducted on grade XII students at the Department of Online Business and Marketing at SMKN 1 Makassar. The sampling technique employed the Slovin’s technique. The total population in this study was 103 students and the sample obtained was 82 students. This type of study was quantitative research and data collection techniques employed questionnaires. The data analysis technique employed descriptive analysis, multiple regression analysis, classical assumption test, multiple regression test, hypothesis testing, and coefficient of determination test. The results show that (1) there is a significant influence of the family environment on the entrepreneurship interest of grade XII students of Online Business and Marketing at SMKN 1 Makassar, (2) there is a significant influence between personality and interest in entrepreneurship of grade XII students of Online Business and Marketing at SMKN 1 Makassar, (3) there is a significant influence between motivation and interest in entrepreneurship in grade XII students of Online Business and Marketing at SMKN 1 Makassar, and (4) there is a significant influence between family environment, personality and motivation on entrepreneurship interest in grade XII students of Online Business and Marketing at SMKN 1 Makassar. Keywords: Family Environment, Personality, Motivation, Interests

Item Type: Article
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:58
Last Modified: 15 Sep 2021 03:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21103

Actions (login required)

View Item View Item