Analisis Perbandingan antara Economic Value Added (EVA) dengan Return On Assets (ROA) dalam Menilai Kinerja Keuangan pada PT.

IRMAYANTI, ROSYANA SUL (2014) Analisis Perbandingan antara Economic Value Added (EVA) dengan Return On Assets (ROA) dalam Menilai Kinerja Keuangan pada PT. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
IRMAYANTI ROSYANA SUL,.docx

Download (17kB)

ABSTRAK IRMAYANTI ROSYANA SUL, 2014. Analisis Perbandingan antara Economic Value Added (EVA) dengan Return On Assets (ROA) dalam Menilai Kinerja Keuangan pada PT. Irmasulindo di Kota Makassar. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan PT. Irmasulindo jika diukur dengan menggunakan alat analisis Economic Value Added (EVA) dan Return On Assets (ROA). Populasi sekaligus yang menjadi sampel penelitian yaitu laporan keuangan lima tahun terakhir (2008-2012). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode Economic Value Added (EVA) dan Return On Assets (ROA). Hasil penelitian yang diperoleh bahwa Economic Value Added (EVA) PT. Irmasulindo pada tahun 2008-2010 bernilai positif yang berarti bahwa modal perusahaan lebih kecil dari pada laba operasi setelah pajak yang diperolehnya sehingga perusahaan mampu memberikan nilai tambah ekonomis, jadi hipotesis yang diajukan sebelumnya bahwa kinerja keuangan PT. Irmasulindo di Kota Makassar sudah cukup baik jika diukur menggunakan Economic Value Added (EVA) diterima. Sementara Return On Assets (ROA) PT. Irmasulindo di kota Makassar berfluktuasi. Walaupun ROA dari tahun ke tahun mengalami fluktuasi, namun perusahaan tetap mampu mengembalikan aset yang dimiliki perusahaan karena hasil dari aktifa lebih lebih dari 10 % melebihi standar ROA itu sendiri, ini menandakan bahwa perusahaan efektif atau kinerja keuangannya relatif baik jika diukur dengan menggunakan ROA, jadi hipotesis yang diajukan sebelumnya bahwa kinerja keuangan PT. Irmasulindo di kota Makassar sudah cukup baik jika diukur menggunakan Return On Assets (ROA) diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: ?? sch_man ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 07:00
Last Modified: 25 Apr 2016 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item