PELAKSANAAN PEMELAJARAN MENGAMBAR ILUSTRASI BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 WONOMULYO SULAWESI BARAT

Jamaluddin, Jamaluddin (2021) PELAKSANAAN PEMELAJARAN MENGAMBAR ILUSTRASI BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 WONOMULYO SULAWESI BARAT. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL HASIL PENELITIAN SKRIPSI.pdf

Download (676kB)

Abstract

Menggambar ilustrasi merupakan kegiatan menggambar yang bertujuan untuk memperjelas ide cerita atau narasi, sedangkan pembelajaran menggambar ilustrasi merupakan suatu kegiatan dimana seorang guru memberi pengayaan kepada siswa berupa materi-materi seputar menggambar ilustrasi. Dalam penelitian ini penulis bertujuan memperoleh hasil berupa data tentang bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menggambar ilustrasi yang dilakukan oleh guru seni budaya di SMP Negeri 6 Wonomulyo Sulawesi Barat. Serta hasil karya siswa dalam pelajaran menggambar ilustrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa. Populasi pada penelitian ini sebanyak 3 kelas dengan 79 siswa dihitung secara keseluruhan .Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran menggambar ilustrasi dalam kategori baik dengan catatan bahwa pada guru seni budaya baiknya merancang ulang RPP yang akan digunakan pada pembelajaran menggambar ilustrasi agar lebih terstruktur, 2) Pelaksanaan pembelajaran menggambar ilustrasi dalam kategori cukup, empat pertemuan di lapangan menunjukkan tidak sesuainya pelaksanaan dengan rencana pembelajaran yang telah disusun sebelumnya, guru seni budaya hendaknya menyesuaikan pelaksanaan pembelajaran dengan RPP yang telah diterbitkan dari pusat, dan menggunakan metode-metode pembelajaran yang lebih mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, serta lebih memberi pengayaan seputar menggambar ilustrasi sehingga siswa lebih memahami apa itu ilustrasi. 3) Evaluasi pembelajaran menggambar ilustrasi dalam kategori cukup, dengan menggunakan kriteria menggambar bentuk terdapat 15 siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75,berdasarkan KKM 75. Evaluasi pembelajaran hendaknya menggunakan kriteria menggambar ilustrasi sehingga kompetensi siswa dalam pembelajaran menggambar ilustrasi dapat diketahui dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:17
Last Modified: 13 Sep 2021 06:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21074

Actions (login required)

View Item View Item