PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO BERBASIS PODCAST TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA MATERI PERKEMBANGAN MUSIK BARAT DI KELAS XI SMA NEGERI 2 SINJAI

Wardiman, Wardiman (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO BERBASIS PODCAST TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA MATERI PERKEMBANGAN MUSIK BARAT DI KELAS XI SMA NEGERI 2 SINJAI. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL WARDIMAN pdf.pdf

Download (205kB)

Abstract

Penelitan ini membahas mengenai pengaruh media pembelajaran audio berbasis podcast terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya materi perkembangan musik barat di kelas XI SMA Negeri 2 Sinjai. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana proses pembelajaran dengan media audio berbasis podcast pada mata pelajaran seni budaya materi perkembangan musik barat di kelas XI SMA Negeri 2 Sinjai?, (2) Apakah media pembelajaran audio berbasis podcast berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya materi perkembangan musik barat di kelas XI SMA Negeri 2 Sinjai?. Tujuan penelitian ini adalah; (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan media audio berbasis podcast pada mata pelajaran seni budaya materi perkembangan musik barat di kelas XI SMA Negeri 2 Sinjai?, (2) Mengetahui pengaruh media pembelajaran audio berbasis podcast terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya materi perkembangan musik barat di kelas XI SMA Negeri 2 Sinjai. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Mipa 1 dan sampel sebanyak 29 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sederhana (simple random sampling). Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Adapun Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Proses pembelajaran dengan menerapkan media audio berbasis podcast pada mata pelajaran seni budaya materi perkembangan musik barat di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Sinjai berlangsung efektif. Terbukti dari hasil belajar di setiap pertemuan mengalami peningkatan. (2) Terdapat pengaruh signifikan setelah penerapan media pembelajaran audio berbasis podcast terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya materi perkembangan musik barat di kelas XI SMA Negeri 2 Sinjai.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:16
Last Modified: 13 Sep 2021 06:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21068

Actions (login required)

View Item View Item