KREATIVITAS DAENG UMMI DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI TARI SALONRENG PADA UPACARA ADAT PERKAWINAN DI KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR

Aeni Basir, Nur (2021) KREATIVITAS DAENG UMMI DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI TARI SALONRENG PADA UPACARA ADAT PERKAWINAN DI KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI NUR AENI BASIR.pdf

Download (441kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana kreasi Daeng Ummi dalam menyajikan tari Salonreng versi Daeng Ummi pada upacara adat perkawinan di Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar, 2) mengenai mengapa Daeng Ummi melakukan kreasi dalam menyajikan tari Salonreng versi Daeng Ummi pada upacara adat perkawinan di Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode atau pendekatan study kasus (case study). Metode pengumpulan data adalah study pustaka, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah peneliti itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kreasi Daeng Ummi dalam menyajikan tari Salonreng pada upacara adat perkawinan di Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar yaitu dilihat dari segi gagasan merupakan penyucian diri serta bentuk komunikasi kepada yang Maha Kuasa, sebagai doa kepada kedua mempelai dan sebagai hiburan. Selanjutnya dari bentuk terdiri dari gerak, iringan, pola lantai, kostum/tata rias serta property tari Salonreng. Gerakannya hanya beberapa ragam yaitu Apparuru ganrang, Appakaramulai a’gio’, Appagalluruk kaeng labbu, Amminro Bunting, dan Pannongkok. Iringan tari Salonreng versi Daeng Ummi dibagi atas menjadi dua bagian yaitu alat musik pengiring Tari Salonreng dan susunan musik iringan Tari Salonreng. Pola lantai tari Salonreng versi Daeng Ummi yaitu horizontal (menyamping), melingkari pengantin dan melingkari pemusik. Daeng Ummi menggunakan kostum yang sederhana juga yakni hanya mengenakan kostum Syar’i kemudian dililit dengan kain Lipa’ sabbe’ dengan tata rias yang sederhana. Property yang digunakan Daeng Ummi yaitu kaeng labbu atau kain panjang. 2) Alasan Daeng Ummi melakukan kreasi dalam menyajikan tari Salonreng pada upacara adat perkawinandi Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar dikarenakan ingin mengaktualisasikan diri sesuai dengan kemampuan, menyesuaikan zaman dan ingin lebih modern, dan menyesuaikan minat masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni Tari
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:16
Last Modified: 13 Sep 2021 06:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21066

Actions (login required)

View Item View Item