PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR BERMAIN PIANIKA PADA SISWA KELAS VIII A DI SMPN 1 BUNGORO KABUPATEN PANGKEP

Dharmadi, Rinaldi (2021) PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR BERMAIN PIANIKA PADA SISWA KELAS VIII A DI SMPN 1 BUNGORO KABUPATEN PANGKEP. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Jurnal Rinaldi Dharmadi.pdf

Download (612kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan : (1). untuk mengetahui penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan kemampuan dasar bermain pianika pada siswa kelas VIII A di SMPN 1 Bungoro Kab. Pangkep. (2). untuk mengetahui peningkatkan kemampuan dasar siswa dalam bermain pianika setelah penerapan metode tutor sebaya. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A SMP Negeri 1 Bungoro sebanyak 20 orang. Data penelitian diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Penerapan metode tutor sebaya dilaksanakan setelah peneliti melakukan prasiklus untuk mengetahui kemampuan dasar siswa bermain pianika. Penerapan metode tutor sebaya dalam Siklus I, menunjukkan proses pembelajaran berjalan dengan baik dibandingkan dengan kondisi prasiklus. Secara umum, siswa tampak aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dari kegiatan awal sampai kegiatan akhir. Karena tidak semua siswa memiliki minat, bakat atau hobi yang sama menyukai bermain pianika menyebabkan masih ada beberapa siswa yang belum memiliki kemampuan dasar bermain pianika. Adapun penerapan metode tutor sebaya dalam siklus II berjalan lebih baik dan lancar dibandingkan dengan siklus sebelumnya. Keberhasilan dalam penerapan metode tutor sebaya dalam siklus ini disebabkan oleh perilaku siswa mengalami perubahan yang positif dimana siswa lebih aktif, tidak terlihat mengantuk dan berpartisipasi penuh sehingga suasana kelas menjadi lebih kondusif. Keaktifan siswa juga terlihat dari adanya interaksi antar siswa dan tutor sebaya dalam bermain pianika. (2). Penerapan metode tutor sebaya sangat mempengaruhi peningkatan kemampuan dasar bermain pianika siswa kelas VIII A di SMPN 1 Bongoro Kabupaten Pangkep. Dari hasil rekapitulasi ketiga kegiatan dimulai dari prasiklus, siklus 1 dan siklus 2 terlihat jelas bahwa pada prasiklus nilai rata-rata siswa adalah 61,28. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 terjadi peningkatan 16,69 sehingga pencapaian nilai siswa menjadi 77,96 dan pada siklus 2 terjadi peningkatan 6,50 dengan nilai akhir rata-rata siswa adalah 84,46. Kata Kunci: Penerapan Metode Tutor Sebaya, Kemampuan Dasar Bermain Pianika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:16
Last Modified: 13 Sep 2021 06:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21050

Actions (login required)

View Item View Item