REDESAIN IDENTITAS VISUAL TOKO SUTRA SENGKANG

Andira, Ayu (2021) REDESAIN IDENTITAS VISUAL TOKO SUTRA SENGKANG. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Artikel TA_Ayu Andira_1686140017_DKV.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan identitas baru yang menarik di Toko Sutra Sengkang sebagai salah satu cara meningkatkan brand awareness. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian perancangan dengan pendekatan Design Thinking dengan proses pengumpulan data yaitu empathise (empati), define (menentukan ide), ideate (menghasilkan ide), dan prototype. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi/konten untuk bagian analisa materi komunikasi, analisis STP (Segmentation, Targeting, dan Positioning) untuk bagian analisa target konsumen, dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treath) untuk bagian analisa kompetitor. Logo baru dari Toko Sutra Sengkang menampilkan visualisasi beberapa motif sarung sutra dibagian background dan menggunakan pola sulapa eppa, pada bagian huruf “S” dibuat dari gabungan dua aksara lontara sa untuk memperkenalkan nilai budaya, adat, dan tradisional pada para konsumennya. Hasil perancangan redesain identitas visual Toko Sutra Sengkang ini adalah logo yang diterapkan ke media berupa GSM (Graphic Standard Manual) sebagai sebuah buku pedoman sebagai media acuan untuk menstandarisasi identitas yang telah dibuat untuk menjaga konsistensi identitas berupa logo baru Toko Sutra Sengkang agar tetap tampil baik dan tidak salah dalam penempatannya pada berbagai media promosi. Logo baru Toko Sutra Sengkang juga diterapkan ke media pendukung berupa kemasan, nota, kartu nama, stempel, katalog, dan media promosi yang berupa instagram, whatsApp, dan xbanner. Berdasarkan rumusan masalah yang ada dapat disimpulkan bahwa menciptakan brand identity yang menetap dan mempunyai media promosi yang bisa dikatakan sudah cukup lengkap dapat memberikan nilai positif kepada Toko Sutra Sengkang, dengan demikian dapat menarik perhatian konsumen baik dari dalam Kota Makassar maupun luar Kota Makassar. Kata Kunci: Re-Desain, Visual Identity, Toko Sutra Sengkang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Desain Komuniksi Visual
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:16
Last Modified: 13 Sep 2021 06:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21047

Actions (login required)

View Item View Item