PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (PADUAN SUARA) PADA ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK KELAS XI DI SMA NEGERI 05 BOMBANA SULAWESI TENGGARA

Fazriasti, Witri (2021) PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (PADUAN SUARA) PADA ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK KELAS XI DI SMA NEGERI 05 BOMBANA SULAWESI TENGGARA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL WITRI.pdf

Download (275kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran paduan suarapada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik ditinjau dari bagaimana persepsi siswa terhadap proses pada saat guru mengajar paduan suaradalam perkembangan aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik, jenis penelitian ini adalah survey menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Sasaran penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 05Bombana yang dipilih secara random sampling.Teknik pengumpulan data adalah angket, dan dokumentasi.Hasil penelitian membuktikan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran paduan suara cukup baik, walaupun ada beberapa siswa yang masih ragu-ragu dengan beberapa indikator pernyataan yang disediakan. Hal ini dibuktikan dengan persepsi siswa kelas XI MIA1 indikator rana Kognitif dengan frekuensi jawaban terbanyak siswa yaitu Netral (ragu-ragu), indikator rana Afektif dengan frekuensi jawaban terbanyak siswa yaitu Sangat Setuju, dan indikator Psikomotorik dengan frekuensi jawaban terbanyak siswa yaitu Netral (ragu-ragu). Pada kelas XI MIA2 indikator rana Kognitif dengan persentase jawaban terbanyak siswa yaitu Setuju, indikator rana Afektif dengan persentase jawaban terbanyak siswa yaitu Sangat Setuju, dan indikator rana Psikomotorik dengan persentase jawaban terbanyak siswa yaitu Setuju, Kemudian pada kelas MIS 1 dan 2 pada indikator rana Kognitif dengan persentase jawaban terbanyak siswa yaitu Netral (ragu-ragu), indikator rana Afektif dengan persentase jawaban terbanyak siswa yaitu Sangat Setuju, dan indikator rana Psikomotorik dengan persentase jawaban terbanyak siswa yaitu Setuju. Dan yang terakhir kelas Bahasa pada indikator rana Kognitif dengan persentase jawaban terbanyak siswa yaitu Setuju, indikator rana Afektif dengan persentase jawaban terbnyak siswa yaitu Sangat Setuju, dan indikator rana Psikomotorik dengan persentase jawaban terbanyak siswa Sangat yaitu Setujudan Setuju. Kata kunci :Persepsi Siswa, Paduan Suara, Kognitif, Afektif, Psikomotorik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:15
Last Modified: 13 Sep 2021 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21044

Actions (login required)

View Item View Item