IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (STUDI PADA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)

Asiah, Nur (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (STUDI PADA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL NUR ASIAH.pdf

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Yuridikitas kebijakan merdeka belajarkampus merdeka, (2) Pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar, (3) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris yaitu yuridis sosiologis (sosiological yurisprudence) dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini: (1) Yuridikitas Kebijakan MBKM telah sejalan dengan dasar hukum dan tujuan untuk menyediakan pendidikan yang layak dan lebih baik; (2) Pelaksanaan Kebijakan MBKM di FIS-H UNM, yaitu a) Kurikulum, telah disusun oleh 9 dari 10 program studi di FIS-H UNM dengan berpedoman pada Buku Pedoman MBKM. b) Hak Belajar 3 Semester di Luar Program Studi tahun ajaran 2020/2021, di FIS-H UNM telah melaksanakan program pertukaran mahasiswa dan program magang, program kewirausahaan, KKN tematik, kerjasama bidang penelitian dan publikasi, serta mengikuti Kampus Mengajar Angkatan 1 yang dilaksanakan Kemendikbud. Program MBKM yang dilaksanakan di FIS-H UNM telah berjalan dengan baik. c) Kultur Belajar yang Inovatif, Variatif dan Sesuai dengan Kebutuhan Mahasiswa, program MBKM yang dijalankan sudah inovatif dan telah sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, namun dalam unsur variatif masih kurang sebab proses pembelajaran yang relatif sama. (3) Kendala Pelaksanaan Kebijakan MBKM di FIS-H UNM, yaitu; a) Kendala Program Studi dan dosen adalah perlunya menyesuaikan ulang kurikulum, kurangnya SDM dan mitra magang serta kewirausahaan, masih kurangnya prodi lain yang menjalankan MBKM a) Kendala yang dialami Mahasiswa yaitu jaringan yang kurang stabil, proses pembelajaran yang kurang interaktif, sosialisasi yang masih perlu dimassif terkhusus di program studi, lambatnya penginputan nilai, kurangnya kegiatan di masa covid. KATA KUNCI: IMPLEMENTASI, KEBIJAKAN, MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:29
Last Modified: 03 Sep 2021 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21022

Actions (login required)

View Item View Item