PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SIDRAP

IKHWANA, NUR (2021) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SIDRAP. UNIVERSITAS nEGERI mAKSSAR.

[img] Text
ARTIKEL-NUR IKHWANA-169204204-PENDIDIKAN AKUNTANSI.pdf

Download (334kB)

Abstract

RINGKASAN Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Sidrap, (2) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara parsial terhadap hasil belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Sidrap, dan (3) untuk mengetahui variabel yang berpengaruh secara dominan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Sidrap. Variabel dalam penelitian adalah: (1) kecerdasan emosional, (2) kecerdasan spiritual sebagai variabel bebas, dan (3) Hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Sidrap sebanyak 1001 siswa, adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Sidrap sebanyak 66 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji instrument, dan uji hipotesis yang meliputi uji F, koefisien determinasi dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh model persamaan regresi linear berganda Y=95,33+0,18X_1+0,30 X_2 yang berarti kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Dari analisis uji F, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan signifikansi 0,04 < 0,05. Dari hasil analisis uji t, kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,04 < 0,05, dan kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0.03 < 0,05. Sementara koefisien determinasi simultan 〖(R〗^2) sebesar 0,40 atau 40%. Hal ini berarti pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar sebesar 40%, sedangkan 60% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kecerdasan spiritual dominan berpengaruh terhadap hasil belajar dengan koefisien determinasi 〖(r〗^2) sebesar 0,21 atau 21%, dengan demikian hipotesis diterima. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Hasil Belajar.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Sep 2021 06:33
Last Modified: 03 Sep 2021 06:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21017

Actions (login required)

View Item View Item