Mantasiah R., Mantasiah R. and Amir, Amir and yusri, yusri and Anwar, Muh. (2019) Analisis Kebutuhan Penyusunan Buku Ajar Tata Bahasa Jerman. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 3 (2). pp. 93-98. ISSN 2549-7359
Text
Eralingua vol 3 no 2, 2019.pdf Download (305kB) |
|
Text
peer reviewer analisis kebutuhan penyusunan buku ajar tata bahasa jerman.pdf Download (1MB) |
|
Text
Turnitin Analisis Kebutuhan Penyusunan Buku Ajar Tata Bahasa Jerman - Muh. Anwar.pdf Download (750kB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan penyusunan buku ajar tata bahasa Jerman berdasarkan respon mahasiswa. Data ini nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam penyusunan buku ajar tata bahasa Jerman. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Partisipan yang dilibatkan adalah 30 mahasiswa pendidikan bahasa Jerman yang telah memprogramkan mata kuliah tata bahasa Jerman dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 aspek yang sebaiknya diperhatikan dalam penyusunan buku ajar tata bahasa diantaranya adalah 1) Komposisi setiap materi harus disesuaikan dengan analisis kebutuhan pembelajar menggunakan analisis kesalahan berbahasa, 2) Penggunaan Analisis Kontrastif untuk Menjelaskan Tata Bahasa Jerman, 3) Bentuk Soal Latihan yang Diberikan harus Bervariasi, 4) Menjelaskan Fenomena Tata Bahasa Jerman dengan Menggunakan Pendekatan Linguistik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kebutuhan, Bahasa Jerman, Tata Bahasa, Buku Ajar, Linguistik Terapan |
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 07:53 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 04:57 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20964 |
Actions (login required)
View Item |