ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM MATA KULIAH STRUKTUREN UND WORTSCHATZ II DITINJAU DARI ASPEK PERSEPSI

Mantasiah R., Mantasiah R. and Amir, Amir and yusri, yusri and Anwar, Muh. (2019) ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM MATA KULIAH STRUKTUREN UND WORTSCHATZ II DITINJAU DARI ASPEK PERSEPSI. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL STUDIES (IJES), 22 (1). pp. 58-66. ISSN 2621-6736

[img] Text
Indonesian Journal of Educational Studies Vol.22, No.1, June 2019 (2).pdf

Download (232kB)
[img] Text
peer reviewer analisis pemahaman mahasiswa dalam mata kuliah strukturen und mortschatz II ditinjau dari aspek persepsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Turnitin ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM MATA KULIAH STRUKTUREN UND WORTSCHATZ II DITINJAU DARI ASPEK PERS - Muh. Anwar.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/Insani/article/view/9348

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis tingkat pemahaman mahasiswa dalam mata kuliah sturukturen und wortschatz II ditinjau dari aspek persepsi. Jenis penelitian yang digunakan yakni deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan pemahaman mahasiswa dalam mata kuliah sturukturen und wortschatz II. Teknik pengumpulan data terdiri atas angket dan wawancara. Angket yang dikembangkan menggunakan skala semantic differential mulai interval 1 (tidak paham) sampai 6 (sangat paham) yang terdiri atas 10 item dimana setiap item mewakili satu materi dari topik sturukturen und wortschatz II. Jumlah partisipan yakni sebanyak 50 mahasiswa yang merupakan mahasiswa bahasa Jerman semester 4 yang telah memprogramkan mata kuliah sturukturen und wortschatz II yang berasal dari 3 universitas yang berbeda yakni Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik analisis data yakni statistik deskriptif dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi mengenai penggunaan preposisi yang menguasai akkusativ dan dativ, materi konjugasi kata sifat, serta materi tingkat perbandingan kata sifat menjadi kesulitan bagi mahasiswa dibandingkan dengan materi-materi lainnya. Selain itu terdapat beberapa materi yang mudah dipahami oleh mahasiswa seperti penggunaan possessivpronomen, modal verben, dan penggunaan nebensatz.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sturukturen Und Wortschatz II, Tatabahasa, Bahasa Jerman, Persepsi
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 25 Aug 2021 07:28
Last Modified: 13 Jan 2022 04:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20963

Actions (login required)

View Item View Item