Pristiwaluyo, Triyanto (2012) Metode "Backward Chaining" dalam Pengajaran Keterampilan Mengurus Diri Sendiri pada Anak Imbesil. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 8 (1). pp. 10-24. ISSN 0216-3640
Text
jurnal PLB.pdf Download (12MB) |
|
Text
peer reviewer jurnal PLB.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrak; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektiivitas penerapan metode "backward chaining dalam pengajaran keterampilan mengurus diri sendiri dalam memakai baju kaos oblong pada anak imbesil kelas dasar. Objek dalam penelitian ini adalah siswa imbesil kelas dasar III SLB C Kota Makassar.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Perlakuan yang diberikan adalah latihan kaerampilan mengurus diri sendiri memakai baju kaos oblong dengan menggunakan metode backward chaining. Pola yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Dalam penelitian terdapat dua kelompok, yaitu kelompok kekperimen dan kelompok kontrol, yang masing-masing anggotanya dipilih secara random. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan terhadap tugas yang diberikan, yaitu mengamati perilaku anak imbesil dalam memakai baju kaos oblong secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan keberhasilan anak imbesil kelas dasar tiga SLB C Kota Makassar dalam memakai baju kaos oblong sendiri antara yang dilatih dengan menggunakan metode backward chaining dengan metode konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan metode backward chaining terhadap kemampuan memakai baju sendiri pada anak imbesil kelas dasar tiga di SLB C Kota Makassar, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif dalam pengajaran mengurus diri sendiri pada anak imbesil.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak imbesil, metode backward chaining |
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 02:37 |
Last Modified: | 24 Aug 2021 02:37 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20959 |
Actions (login required)
View Item |