PANRE BESSI

NUR FADILLA, ANDI (2021) PANRE BESSI. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
PDF ARTTIKEL ANDI NUR FADILLA.pdf

Download (593kB)

Abstract

ABSTRAK Naskah Tari ini membahas uraian karya tari dengan judul Panre Bessi yang membahas beberapa permasalahan yaitu 1) Bagaimana mengekspresikan hasil eksplorasi terhadap bentuk kebersamaan dan semangat Panre Bessi dalam menciptakan badik La Mangkau’ melalui karya tari, 2) Bagaimana memvisualisasikan proses penempahan besi menjadi sebuah badik kedalam format koreografi kelompok. Metode yang digunakan dalam garapan karya tari ini yaitu dengan menggunakan metode Alma M. Hawkins, dalam buku yang berjudul Koreografi Bentuk-Teknik�Isi karya Y. Sumandiyo Hadi, dimana proses kerja tahap awal, yaitu proses penemuan ide yang terinspirasi ketika melihat kegiatan panre bessi dalam menempah sebuah badik atau kawali, pemilihan dan penetapan penari berjumlah 4 orang penari, pematangan tata rias realis dan busana realis. Proses kerja studio terdiri dari proses eksplorasi dimana penata memikirkan pengembangan tema cerita ataupun konflik yang akan dituangkan kedalam karya tari ini. Selanjutnya proses improvisasi dimana penata mencari gerak yang akan digunakan pada garapannya yang sesuai dengan ciri khas penata dan memisahkan motif-motif gerak dan bagian yang akan dimunculkan dalam tarian. Proses selanjutnya adalah proses penggarapan dimana penata mentransfer gerak yang telah didapat dari hasil eksplorasi dan improvisasi kepada penari, proses penata dengan pemusik menetapkan iringan musik eksternal, proses penata dengan rias dan busana realis, proses penata dengan properti dan tata rupa pentas. Hasil karya ini adalah karya tari yang menceritakan tentang sosok pandai besi dalam menempah badik atau Kawali yang dikerjakan oleh 40 pandai besi di Kabupaten Bone. Hasil dari eksplorasi yang dilakukan yaitu penata dapat mempersiapkan secara struktur apasaja yang telah diperoleh dari tahap-tahap proses pengerjaan yang dilakukan pandai besi dalam mengerjakaan badik La Mangkau yang akan diolah kedalam garapan ini. Melakukan improvisasi adalah tahap selanjutnya dimana penata mengembangkan motif gerak yang dikembangkan dari tahapan proses pembuatan badik La Mangkau. Selanjutnya pada tahap penggarapan penata telah menyusun gerakan-gerakan yang akan digunakan dalam tarian dan mentransfer gerak tersebut kepenari untuk nantinya siap dipertunjukkan didalam karya tari Panre Bessi ini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni Tari
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:34
Last Modified: 26 Aug 2021 07:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20954

Actions (login required)

View Item View Item