PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENGEMBANGKAN GERAK TARI BURUNG ENGGANG DENGAN METODE JACQUELINE SMITH PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TANAH GROGOT KALTIM

APRIANI, VIVI (2021) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENGEMBANGKAN GERAK TARI BURUNG ENGGANG DENGAN METODE JACQUELINE SMITH PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TANAH GROGOT KALTIM. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL VIVI APRIANI 1782040012.pdf

Download (486kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan menjawab masalah yaitu: 1) Bagaimana peningkatan kreativitas siswa dalam mengembangkan gerak tari burung enggang dengan metode pengembangan Jacqueline Smith pada pembelajaran seni budaya kelas VIII di SMP Negeri 2 Tanah Grogot Kaltim. 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat peningkatan kreativitas siswa dalam mengembangkan gerak tari burung enggang dengang metode pengembangan Jacqueline Smith pada pembelajaran seni budaya kelas VIII di SMP Negeri 2 Tanah Grogot Kaltim. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Tanah Grogot yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 16 orang putri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar tes unjuk kerja, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pada siklus I observasi aktivitas siswa memperoleh nilai 72 dengan kualifikasi cukup baik, meningkat pada siklus II memperoleh nilai 94 dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan pada siklus I tes unjuk kerja siswa memperoleh hasil 54.25% dengan kualifikasi kurang, meningkat pada siklus II memperoleh hasil 90.75% dengan kualifikasi sangat baik dengan tes pengukuran pengembangan kreativitas menurut Guilford yaitu fluency, fleksibilitas, orisinalitas, elaborasi, dan redefinition.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:33
Last Modified: 26 Aug 2021 07:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20952

Actions (login required)

View Item View Item