Development of an Android-based Computer Based Test (CBT) In Middle School

Nurhikmah H., Nurhikmah H. and Gani, Hamsu and Pratama, Muh. Putra and Wijaya, Hengki (2021) Development of an Android-based Computer Based Test (CBT) In Middle School. Journal of Education Technology, 5 (2). pp. 272-281. ISSN 2549-8290

[img] Text (Artikel Jurnal Terindeks Sinta 2)
Artikel Sinta 2 - Development of an Android-based Computer Based Test (CBT)........pdf - Published Version

Download (565kB)
[img] Text (Peer Review Artikel Jurnal Terindeks Sinta 2)
Peer Review Artikel Sinta 2 - Development of an Android-based Computer Based Test (CBT)........pdf - Published Version

Download (622kB)
Official URL: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/arti...

Abstract

Guru masih menggunakan proses evaluasi semi konvensional yaitu proses ujian dilakukan dengan memanfaatkan media sosial untuk mengirimkan hasil ujian peserta didik yang dikerjakan manual pada kertas. Proses evaluasi seperti ini kurang efektif dan efisien, baik dari segi waktu, metode yang digunakan, dan proses pemeriksaan hasil ujian yang membutuhkan waktu yang cukup lama dan pemeriksaan yang tidak akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Computer Based Test berbasis Android. Metode penelitian ini Research and Development yang difokuskan untuk mengembangkan Computer Based Test berbasis smartphone khususnya android. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan Alessi and Trollip. Subjek penelitian keseluruhan 30 siswa dan 1 guru mata pelajaran matematika. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket atau angket, tes, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata 3,7 (sangat valid) dan oleh ahli media diperoleh skor rata-rata 3,8 (sangat valid) sehingga Computer Based Test dapat diujicobakan dilapangan untuk mengetahui kepraktisan dimana tingkat kepraktisan memenuhi kriteria dengan hasil sangat prkatis. Hal ini berarti dapat dinyatakan bahwa Computer Based Test berbasis Android ini sangat praktis dalam proses evaluasi/ujian pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil uji kelayakan Computer Based Test tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Computer Based Test layak untuk digunakan sebagai media evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Computer-Based Test, Android, Online, Learning, evaluation
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 12 Aug 2021 16:48
Last Modified: 12 Aug 2021 16:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20939

Actions (login required)

View Item View Item