PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SECARA DARING DI SMA NEGERI 4 WAJO KABUPATEN WAJO

FARANENGSI, ANGGI (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SECARA DARING DI SMA NEGERI 4 WAJO KABUPATEN WAJO. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ANGGI (BISMILLAH ARTIKEL).pdf

Download (426kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki dua tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk mengidentifikasi problematika dalam pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 4 Wajo dan untuk mendeskripsikan solusi untuk permasalahan yang terjadi pada pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 4 Wajo. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 4 Wajo mengalami masalah atau problematika yang bersifat metodologis yang meliputi kompetensi guru dalam mengajar dimana terkait dengan masalah kualitas penyampaian materi dan ketidaksesuaian disiplin ilmu yang dimiliki dengan materi atau bahan ajar yang akan diajarkan guru, kualitas interaksi antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran, dan keterbatasan sarana pembelajaran. Kedua, problematika yang bersifat kultural meliputi tingkat kedisiplinan peserta didik dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas, dan kejenuhan siswa pada materi ajar yang diajarkan hanya satu sub bidang seni secara terus menerus. Ketiga, problematika yang bersifat sosial meliputi kurangnya keharmonisan antar siswa, dan kurangnya komunikasi antara guru dan siswa. Maka solusi untuk mengatasinya problematika bersifat metodologis: a) memberikan pelatihan pendidikan. b) membuka lowongan atau perekrutan guru yang sesuai dengan bidangnya. c) menggunakan strategi yang bervariatif. d) memberikan support pada siswa. e) menciptakan suasana pembelajaran yang mendukung. f) memberikan kebebasan kepada siswa untuk berkarya. g) melakukan pemilihan materi sesuai sarana. h) melakukan modifikasi terhadap sarana. i) meningkatkan pengadaan sarana. solusi problematika bersifat kultural: a) membuat materi menjadi menyenangkan untuk siswa. b) menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa. c) melakukan pendekatan emosional. d) mengajarkan sub bidang seni yang lain. Solusi problematika bersifat sosial: a) menanamkan kepedulian sosial pada siswa. b) memfasilitasi siswa untuk berkomunikasi. c) menanamkan sikap positif. d) guru berperan sebagai sahabat atau teman bagi siswa. e) tidak mendominasi. f) menumbuhkan kepercayaan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:33
Last Modified: 26 Aug 2021 07:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20938

Actions (login required)

View Item View Item