Analisis Senyawa Aktif pada Beberapa Tanaman Obat asal Sulawesi Barat

Mu'nisa, A and Syamsiah D., Syamsiah D. and Rachmawaty, Rachmawaty and Muflihunna, A (2017) Analisis Senyawa Aktif pada Beberapa Tanaman Obat asal Sulawesi Barat. In: Seminar Nasional Lembaga Penelitian "Membangun Indonesia Melalui Hasil Riset", ISBN : 978-602-6883-93-3, 26 Agustus 2017, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Prosiding Seminar Nasional - Analisis Senyawa Aktif pada Beberapa Tanaman Obat asal Sulawesi Barat.pdf

Download (1MB)
[img] Text
A.Munisa_LEMBAR REVIEW_Analisis Senyawa aktif pada Beberapa Tanaman Obat Asal Sulawesi Barat.pdf

Download (584kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit

Abstract

Analisis dan identifikasi senyawa aktif beberapa tanaman obat asal Sulawesi selatan telah dilakukan. Ekstraksi dilakukan dengan metode maserasi menggunakan pelarut metanol. Ada lima tanaman obat asal Sulawesi Barat adalah Murbei (morus alba), Orok-orok (Clotaria junca), Bambu (Bambusa vulgare), Lallerek (Ipomea pers. Caprea) dan Akar kucing (Acalypa hipsida) yang dianalisis.Ekstrak kental metanol tersebut disuspensikan ke dalam campuran metanol air (7:3). Identifikasi dengan GC-MS menunjukkan adanya 4-6 puncak senyawa dengan waktu retensi relatif berdekatan. Senyawa antioksidan dari kelima ekstrak metanol pada 5 tanaman obat asal Provinsi Sulawesi Barat antara lain: kelompok senyawa sekunder metil ester (9-octadecenoic acid (z)-, methyl ester, 9,12,15-octadecatrienoic acid, methyl ester, 10,13-Octadecadienoic acid, methyl ester, Hexadecanoic acid, methyl ester dan Octadecanoic acid, methyl ester) yang merupakan asam linoleat terkonjugasi, dan 9,12-Octadecadinoic acid yang merupakan ester asam linoleat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Judul Makalah ini tidak dimuatonline di OJS UNM, tapi masuk dalam prosiding cetak (terlampir di upload)
Uncontrolled Keywords: identifikasi, senyawa aktif, tanaman obat, Sulawesi barat
Subjects: FMIPA > BIOLOGI - (S1)
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Dr. A. Mu'nisa Syamsu
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:30
Last Modified: 03 Nov 2021 03:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20936

Actions (login required)

View Item View Item