Pengaruh Pemberian Ekstrak Buah Bakau (Rhizopora mucronata) terhadap Penurunan Kadar Gula darah Mencit (Mus musculus)

Mu'nisa, A and Ahli Rosi, Karina (2017) Pengaruh Pemberian Ekstrak Buah Bakau (Rhizopora mucronata) terhadap Penurunan Kadar Gula darah Mencit (Mus musculus). In: Simposium Nasional MIPA Universitas Negeri Makassar, MIPA Open & Exposition 2017, 24 Februari 2017, Universitas Negeri Makassar, Makassar City, South Sulawesi, Indonesia.

[img] Text
Prosiding Seminar Nasional - Pengaruh Pemberian Ekstrak Buah Bakau (Rhizopora mucronata) Terhadap.....pdf

Download (1MB)
[img] Text
A.Munisa_LEMBAR REVIEW_Pengaruh Pemberian Ekstrak Buah Bakau (Rhizopora mucronata).pdf

Download (665kB)
Official URL: https://adoc.pub/simposium-nasional-mipa.html

Abstract

Bakau (Rhizopora mucronata) merupakan tanaman yang sering dijumpai pada hutan mangrove yang diketahui memiliki kandungan antioksidant yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak buah bakau (Rhizopora mucronata) terhadap penurunan kadar gula darah mencit (Mus musculus) galur ICR jantan. Buah bakau diekstraksi menggunakan pelarut metanol 96 % dengan cara maserasi. Penelitian ini merupakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 5 ulangan yakni kelompok normal (aquadest), kelompok positif (glibenklamid), kelompok pemberian ekstrak buah bakau dengan dosis 125, 250 dan 500 mg/kg BB. Ekstrak dilarutkan menggunakan Carboxy Methyl Cellulose (CMC) 0,5 % dan diberikan pada mencit secara oral yang sebelumnya telah diinduksi aloksan sebesar 130 mg/kg BB. Data dianalisi dengan Analysis of Variance (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji Duncan (α 0,05). Hasil penelitian menunjukan ekstrak buah bakau (Rhizopora mucronata) dengan dosis 500 mg/kg BB memiliki efektfitas paling tinggi dalam menurunkan kadar gula darah mencit yang mengalami hiperglikemia dengan persentase penurunan 63,2 %. Hasil ini berbeda nyata dengan kelompok kontrol positif (glibenklamid) yang memiliki persentase 87,6 %. Pemberian ekstrak buah bakau. (Rhizopora mucronata) mampu menurunkan kadar gula darah mencit (Mus musculus) jantan hiperglikemia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Hiperglikemia, kadar gula Darah, Ekstrak Metanol buah bakau (Rhizopora mucronata), Mencit (Mus musculus) ICR Jantan
Subjects: FMIPA > BIOLOGI - (S1)
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Dr. A. Mu'nisa Syamsu
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:30
Last Modified: 29 Oct 2021 12:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20917

Actions (login required)

View Item View Item