Pengaruh Penambahan Bubuk daun Cengkeh (Zysigium aromatikum) pada Minyak Selayar terhadap Kadar Glukosa dan Kolesterol Mencit (Mus musculus)

Mu'nisa, A and Azis, Andi Asmawati and Arsal, Andi Faridah and Dahniar, Dahniar and N Amalia, N Amalia (2016) Pengaruh Penambahan Bubuk daun Cengkeh (Zysigium aromatikum) pada Minyak Selayar terhadap Kadar Glukosa dan Kolesterol Mencit (Mus musculus). In: Prosiding Seminar Nasional Biologi 2016, 28 Maret 2016, Universitas Hasanuddin, Makassar.

[img] Text
PROSIDING SEMNASBIO UNHAS 2016_3.pdf

Download (775kB)
[img] Text
A.Munisa_LEMBAR REVIEW_Pengaruh Penambahan Bubuk daun Cengkeh (Zysigium aromatikum).pdf

Download (623kB)
Official URL: https://docplayer.info/35980430-Prosiding-seminar-...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan bubuk daun cengkeh (Zysygium aromaticum) pada minyak Selayar terhadap kadar glukosa dan kolesterol mencit (Mus musculus). Penelitian ini terdiri 4 perlakuan dan masing-masing perlakuan terdiri atas 5 ulangan, yaitu kelompok mencit diberi pakan standar (kontrol negatif); kelompok 2 yaitu kelompok mencit diberi pakan standard dan pakan kolesterol (kontrol positif); Kelompok 3 yaitu kelompok mencit diberi pakan standar dan minyak Selayar; dan kelompok 4 yaitu kelompok mencit diberi pakan standar dan minyak Selayar yang telah diberi bubuk daun cengkeh. Pengukuran kadar glukosa dan kadar kolesterol darah mencit dilakukan sebanyak 3 kali yaitu 2 minggu setelah masa adaptasi (tahap 1), 2 minggu setelah pemberian minyak (tahap 2) dan 2 minggu setelah pemberian pakan kolesterol (tahap 3). Berdasarkan hasil analisis data baik kadar kolesterol maupun kadar glukosa menunjukkan bahwa pada kelompok 4 (tahap ke-2) terjadi penurunan kadar glukosa dan kolesterol, tapi pada tahap 3 terjadi peningkatan kadar kolesterol dan glukosa pada kelompok mencit yang hanya diberi minyak sedangkan pada kelompok mencit yang diberi minyak dan bubuk daun cengkeh menunjukkan kadar glukosa dan kolesterol yang normal. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan bubuk daun cengkeh ke dalam minyak goreng Selayar berpengaruh dalam menormalkan kadar gluokosa dan kadar kolesterol darah mencit.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Daun cengkeh (Zysygium aromaticum), kadar kolesterol, kadar glukosa, minyak goreng asal Selayar
Subjects: FMIPA > BIOLOGI - (S1)
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Dr. A. Mu'nisa Syamsu
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:29
Last Modified: 28 Oct 2021 16:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20915

Actions (login required)

View Item View Item