PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS PADA MATERI UNSUR DAN PRINSIP SENI RUPA BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 3 MAKASSAR

MARIO, GALANG (2020) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS PADA MATERI UNSUR DAN PRINSIP SENI RUPA BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 3 MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL Galang Mario 1681041014.pdf

Download (201kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajran infografis pada materi unsur dan prinsip seni rupa bagi peserta didik kelas X SMAN 3 Makassar dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbentuk infografis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan sugiyono. Metode penelitian media ini terdiri dari 7 tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data dan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan produk akhir. Produk akhir dari rancangan media pembelajaran media ini adalah media pembelajaran infografis pada materi unsur dan prinsip seni rupa dengan isi kata pengantar, daftar isi, materi unsur, materi prinsip dan daftar pustaka. Media dikemas dalam bentuk hard copy sebanyak 30 halaman. Pendistribusian media pada peserta didik dikemas dalam bentuk soft copy karena penelitian yang dilakukan bertepatan dengan kondisi pandemi covid 19, sekolah melaksanakan pembelajaran sistem daring. Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran infografis memperoleh skor 85,3% dengan kategori sangat layak. Selain itu respon peserta didik dengan skor persentasi sebesar 93% tertarik dengan media pembelajaran berbentuk infografis. Kata kunci: perancangan, media, infografis, unsur dan prinsip seni rupa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:33
Last Modified: 26 Aug 2021 07:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20910

Actions (login required)

View Item View Item