Peningkatan Pemahaman Konsep Geometri Pada Materi Pokok Sifat-Sifat Bangun Datar Dan Bangun Ruang Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas V SDN 186 Lembang Kab. Pinrang

Jumrah,, Jumrah, (2015) Peningkatan Pemahaman Konsep Geometri Pada Materi Pokok Sifat-Sifat Bangun Datar Dan Bangun Ruang Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas V SDN 186 Lembang Kab. Pinrang. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Irma Zulfadianti.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Jumrah, 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep Geometri Pada Materi Pokok Sifat-Sifat Bangun Datar Dan Bangun Ruang Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas V SDN 186 Lembang Kab. Pinrang. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di SDN 186 Lembang Kab. Pinrang yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri siswa kelas V SDN 186 Lembang Kab. Pinrang melalui metode Demonstrasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 186 Lembang Kab. Pinrang Tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pemahaman konsep yang dilakukan tiap akhir siklus, observasi, refleksi dan respon siswa. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang dicapai setelah dianalisis yaitu : (1) pada Siklus I, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 67,36 dengan standar deviasi 11,74 dan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 67,86%. (2) pada Siklus II, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 71,54 dengan standar deviasi 10,50 dan persentase siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 85,71%. (3) hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa antara lain siswa menjadi lebih aktif bertanya, menanggapi pertanyaan dan membuat kesimpulan, serta siswa terlihat memperhatikan pelajaran dengan tenang dan fokus sehingga mereka bisa menjawab pertanyaan tentang materi pelajaran dengan baik dan benar. (4) Terjadinya peningkatan pemahaman konsep geometri siswa setelah menerapkan metode demonstrasi. Dari hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep geometri siswa kelas V SDN 186 Lembang Kab. Pinrang dengan menggunakan metode demonstrasi. ABSTRACT Jumrah, 2012. Improving The. Thesis. Faculty Of Mathematics And Natural Sciences. State University Of Makassar. Improved Understanding of Geometry Concepts at Main Subject The Properties Of Plane and Space Through Demonstration Method At Students Class V SDN 186 Lembang, Pinrang District. Thesis. Department Of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Science. University State of Makassar. This study is a Classroom Action Research conducted at SDN 186 Lembang, Pinrang district which aims to enhance the understanding of geometry concepts students in grade V SDN 186 Lembang, Pinrang district through the demonstration method. The subject of this study were 186 students in grade V SDN Lembang, Pinrang district academic year 2011/2012 with the number of students 28 people. Data collection techniques used were concepts understanding test that given at the end of each cycle, observation, reflection. From the data collected and analyzed quantitatively and qualitatively. The results are achieved when analyzed as follows: (1) in Cycle I, obtained an average score of students' mathematics learning outcomes is 67.36 with a standard deviation of 11.74 and percentage of students who reach a value of KKM 67,86%. (2) in Cycle II, obtained an average score of students' mathematics learning outcomes is 71.54 with a standard deviation of 10.50 and percentage of students who reach a value of KKM 85,71%. (3) observations showed an improve in student activities include asking students to become more active, responding to questions and make conclusions, and visible attention to the lessons with the students calm and focused so they can answer questions about the subject matter properly. (4) An improved students' understanding of geometry concepts after applying the demonstration method. From the above results, it can be concluded that an improved understanding of the geometry concepts students in grade V of SDN 186 Lembang Kab. Pinrang by using the demonstration method.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 07:00
Last Modified: 25 Apr 2016 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item