KARAKTERISTIK LUKISAN DINDING KARYA SISWA PADA SMA NEGERI 2 MAJENE SULAWESI BARAT

ISKANDAR HARIS, NUR (2020) KARAKTERISTIK LUKISAN DINDING KARYA SISWA PADA SMA NEGERI 2 MAJENE SULAWESI BARAT. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Jurnal Skripsi Nur Iskandar Haris.pdf

Download (200kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik lukisan dinding pada SMA Negeri 2 Majene Sulawesi Barat yang difokuskan pada suatu karya visual (poster, kartun, atau lukisan), ditinjau dari unsur-unsur visual yang terdapat di dalam lukisan yang meliputi garis, bidang, bentuk, ruang, warna dan tekstur dangan memperhatikan tema dan gaya lukisan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara dengan guru seni budaya dan beberapa siswa SMA Negeri 2 Majene. Data penelitian ini adalah lukisan yang terdapat pada dinding SMA Negeri 2 Majene. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) lukisan dinding karya siswa SMA Negeri 2 Majene Sulawesi Barat menampilkan tema-tema budaya lokal, pemandangan alam, dan pendidikan yang dirangkum dalam beberapa tema khusus. Tema budaya lokal dapat dilihat pada lukisan dengan tema khusus “Perahu Bercadik”, “Pemain Musik” pada lukisan dengan khusus “Alat Musik Tradisional Mandar”, tema pendidikan dapat dilihat pada lukisan dengan tema khusus “Perjuangan Menuju Sukses” dan pada lukisan dengan tema khusus “Belajar Tak Kenal Usia”; (2) dari segi gaya, lukisan dinding karya siswa SMA Negeri 2 Majene cenderung mengacu pada gaya realis-naturalis dan gaya ilustratif. Gaya realis-naturalis dapat dilihat dari bentuk-bentuk objek yang ditampilkan serta teknik pewarnaannya. Namun demikian, lukisan mural tersebut tidak mencerminkan gaya perseorangan karena lukisan dibuat secara kolektif oleh kelompok siswa dalam rangka penataan lingkungan sekolah. Selain itu, penguasaan teknik dan pengorganisasian elemen-elemen visual dalam lukisan belum terasa. Hal tersebut disebabkan oleh pembuatnya yang belum memahami dengan baik cara mengorganisasikan elemen-elemen visual untuk menghasilkan karya yang estetis. Sebagai saran, diharapkan: (1) kepada guru mata pelajaran seni budaya di SMA Negeri 2 Majene Sulawesi Barat terus menggalakkan kegiatan melalui pembuatan mural bagi siswa, baik dalam kegiatan intrakulikuler maupun ekstrakulikuler; (2) tema lukisan dinding perlu dipilih dengan cermat, terutama tema yang berkaitan dengan pendidikan maupun tema budaya; (3) agar lukisan mural tersebut lebih menarik, selain memperhatikan nilai akademik juga harus memperhatikan nilai keindahan (estetis) agar tetap mencirikan sebuah produk kesenian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:32
Last Modified: 26 Aug 2021 07:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20830

Actions (login required)

View Item View Item