PENINGKATAN KEMAMPUAN ARTIKULASI BERNYANYI MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XII DI SLB-C TUNAGRAHITA YAYASAN PEMBINA PENDIDIKAN LUAR BIASA KOTA MAKASSAR

AL FURQAN, MUH. (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN ARTIKULASI BERNYANYI MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XII DI SLB-C TUNAGRAHITA YAYASAN PEMBINA PENDIDIKAN LUAR BIASA KOTA MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL - MUH. AL FURQAN.pdf

Download (267kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan Siklus II yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi obeservasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas XII sebanyak 3 orang siswa, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan artikulasi bernyanyi siswa tunagrahita ringan pada pembelajaran seni musik khususnya dalam latihan bernyanyi di SLB-C Tunagrahita Yayasan Pembina Pendidikan Luar Biasa Kota Makassar. Penelitian ini memiliki 2 rumusan masalah yaitu : 1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan artikulasi bernyanyi siswa tunagrahita ringan, 2) Bagaimana hasil peningkatan kemampuan artikulasi bernyanyi siswa tunagrahita ringan. Metode demonstrasi sebagai metode mengajar digunakan didalam kelas, penerapan metode demonstrasi dalam latihan penyebutan huruf vokal dan konsonan, latihan solmisasi dan latihan bernyanyi sangat penting sebagai alat untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kemampuan artikulasi bernyanyi siswa tunagrahita ringan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan artikulasi bernyanyi siswa tunagrahita ringan meningkat setelah adanya tindakan melalui metode demonstrasi. Pada siklus I, hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 71,67 dan dalam pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan sebesar 85,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi peningkatan kemampuan artikulasi bernyanyi pada siswa tunagrahita ringan di kelas XII SLB-C Tunagrahita Yayasan Pembina Pendidikan Luar Biasa Kota Makassar mengalami peningkatan dan dapat dikatakan berhasil. Kata Kunci : Peningkatan, Artikulasi Bernyanyi, Metode Demonstrasi, Tunagrahita Ringan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:32
Last Modified: 26 Aug 2021 07:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20798

Actions (login required)

View Item View Item