KAIN PERCA SEBAGAI MEDIA BERKARYA SENI DENGAN TEKNIK MOZAIK BAGI ANAK JALANAN DI KOMUNITAS PEDULI ANAK JALANAN KOTA MAKASSAR

ANDIKA, ANDIKA (2021) KAIN PERCA SEBAGAI MEDIA BERKARYA SENI DENGAN TEKNIK MOZAIK BAGI ANAK JALANAN DI KOMUNITAS PEDULI ANAK JALANAN KOTA MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL HASIL PENELITIAN SKRIPSI_ANDIKA - Copy.pdf

Download (420kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan berkarya seni mozaik dengan media kain perca oleh anak jalanan di komunitas peduli anak jalanan kota Makassar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik praktik berkarya, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini yaitu kemampuan berkarya seni seni mozaik dengan media kain perca oleh anak jalanan di komunitas peduli anak jalanan kota Makassar yang ditinjau dari beberapa aspek penilaian yaitu keterampilan memadukan beberapa kain, kerapihan dalam menempel, dan komposisi. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif yaitu mendeskripsikan dan memaknai data dari masing- masing komponen yang di analisis dari hasil karya mozaik yang dibuat oleh anak jalanan di komunitas peduli anak jalanan kota Makassar. Data yang bersifat kualitatif adalah data yang diperoleh melalui hasil dari observasi, wawancara, praktif berkarya, dan dokumentasi dari karya seni mozaik anak jalanan kota Makassar. Data yang bersifat kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dari hasil penilaian ahli/tim penilai karya. Semua data yang telah dikumpulkan, kemudian diolah untuk selanjutnya dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kemampuan berkarya seni mozaik anak jalanan di komunitas peduli anak jalanan kota Makassar dari aspek keterampilan memadukan beberapa kain yaitu 50% mendapatkan nilai 7-7.9 dengan kategori cukup, ditinjau dari aspek kerapihan dalam menempel yaitu 40% mendapatkan nilai <6 kurang dengan kategori (perlu bimbingan), dan aspek komposisi yaitu 50% mendapatkan nilai <6 dengan kategori kurang (perlu bimbingan), dan ditinjau dari keseluruhan aspek yang dinilai sehingga anak jalanan memeroleh 60% dari sampel mendapatkan nilai 7-7.9 dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menujukan bahwa kemampuan berkarya seni mozaik dengan media kain perca oleh anak jalanan di komunitas peduli anak jalanan kota Makassar dikatergotikan cukup dalam berkarya seni mozaik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:32
Last Modified: 26 Aug 2021 07:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20796

Actions (login required)

View Item View Item