PENGARUH MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SENI BUDAYA (SENI TARI) PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 PAKUE KABUPATEN KOLAKA UTARA

HASNIAR, HASNIAR (2021) PENGARUH MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SENI BUDAYA (SENI TARI) PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 PAKUE KABUPATEN KOLAKA UTARA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Jurnal pendidikan sendratasik.pdf

Download (797kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, yang bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana proses pembelajaran dengan metode quiz team dalam model talking stick pada mata pelajaran Seni Budaya peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pakue. (2) seberapa besar pengaruh metode quiz team dalam model talking stick terhadap hasil belajar seni budaya peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pakue. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode quiz team dalam model talking stick. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPS SMAN 1 Pakue yang tersebar dalam 5 kelas. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 27 orang yang ditentukan dengan teknik pengambilan sampel secara acak. penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif, analisis data inferensial, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada proses pembelajaran berlangsung dan setelah diberikan perlakuan aktivitas peserta didik mengalami peningkatan terutama dalam hal keaktifan dan kerjasama kelompok. (2) terlihat dari data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar yakni pretest dan posttest dengan instrument berupa tes objektif dalam bentuk pilihan ganda yang dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney untuk hasil belajar. Pengujian hipotesis menghasilkan Zhitung =1,87 pada taraf signifikan, α = 0.05 diperoleh Ztabel = 1,64. Oleh karena itu, Zhitung≥Ztabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif metode quiz team dalam model talking stick terhadap hasil belajar seni budaya (seni tari) peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pakue.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:32
Last Modified: 26 Aug 2021 07:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20789

Actions (login required)

View Item View Item