PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENGAPRESIASI TARI SALONRENG ARA MELALUI MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DIKELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 3 BULUKUMBA

Rizky Apikayuni, Novi (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENGAPRESIASI TARI SALONRENG ARA MELALUI MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DIKELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 3 BULUKUMBA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL NOVI RIZKY APIKAYUNI.pdf

Download (315kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik pada pembelajaran seni tari di SMA Negeri 3 Bulukumba. Permasalahan pada penelitian ini: (1) Bagaimana penerapan model investigasi kelompok tari Salonreng Ara pada siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Bulukumba. (2) Bagaimana Peningkatan kemampuan peserta didik setelah penerapan model investigasi tari Salonreng Ara di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Bulukumba. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif deskriptif suatu prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa data tertulis, atau lisan orang-orang atau perilaku yang diamati dan gambaran objek penelitian secara langsung dan dengan teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian : (1) Penerapan metode investigasi kelompok tari Salonreng Ara pada siswa di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Bulukumba mempunyai beberapa tahapan-tahapan, (a) Seleksi Topik (b) Merencanakan Kerja Sama (c) Implementasi (d) Analis dan Sintesis (e) Evaluasi. (2) Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan peserta didik meningkat setelah adanya tindakan melalui model pembelajaran investigasi kelompok. Pada siklus I, hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan sebesar 77,52% dan pelaksanaan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 88,66%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran investigasi kelompok pada materi tari Salonreng Ara di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Bulukumba mengalami peningkatan dan dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:31
Last Modified: 26 Aug 2021 07:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20785

Actions (login required)

View Item View Item