PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SENI TARI PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 21 GOWA

NURHILALIAH, NURHILALIAH (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SENI TARI PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 21 GOWA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL NUR HILALIAH.pdf

Download (250kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam konteks pembelajaran seni tari yang membahas masalah: (1) Bagaimana penerapan model kooperatif snowball throwing yang dapat meningkatkan minat siswa pada siswa Kelas XI IPS 1 SMA 21 Gowa? (2) Bagaimana peningkatan minat siswa setelah penerapan model kooperatif snowball throwing pada siswa Kelas XI IPS 1 SMA 21 Gowa? Jenis penelitian yang digunakan adalah Action Reaseach berbasis kelas dengan menggunakan Siklus I dan Siklus II. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, lembar angket, dokumentasi, dan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil (1) penerapan model kooperatif snowball throwing pada siklus I tidak berjalan dengan baik dikarenakan siswa melakukan permainan secara berlebihan dengan pelemparan tanpa ada instuksi sehingga suasana kelas menjadi gaduh dan diskusi kelompok kurang fokus saat penerapan dan siswa cenderung keberatan dengan hasil pembagian kelompok, merasa pembagiaanya yang tidak adil mengakibatkan partisipasi siswa masih kurang atau siswa kurang aktif berdiskusi. Sedangkan pada siklus ke II penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing dilakukan dengan pengawasan lebih aktif, memberikan hukuman bagi kelompok yang berlebihan dalam bermain, serta setiap kelompok dibentuk dengan kemampuan heterogen sehingga suasana kondusif, siswa sudah banyak yang berpartisipasi seperti siswa memperhatikan materi, siswa aktif bertanya maupun menjawab dan siswa mampu bekerjasama saat penerapan berlangsung. (2) Peningkatan minat belajar dengan penerapan model kooperatif snowball throwing untuk hasil angket adalah pada pra siklus nilai rata�rata minat siswa sebesar 56,06 dengan interprestasi “cukup”, maka dilakukanlah siklus I dan II pada kondisi akhir mendapatkan hasil 96,64 dengan interprestasi “sangat baik” dengan peningkatan 40,61%. sedangkan hasil observasi sikap adalah pada siklus I untuk pertemuan I rata-rata 11,30 interprestasi baik namun masih tergolong rendah dan pertemuan II diperoleh rata-rata 12,12 dengan interprestasi baik dan meningkat dari pertemuan I, namun hasil siklus I dianggap tidak memuaskan dilakukan siklus ke II pada pertemuan III diperoleh rata-rata 14,15 dengn interprestasi baik, namun belum memuaskan dilakukan pada pertemuan IV diperoleh nilai rata-rata sebesar 16,73 dengan interprestasi sangat baik. Hasil observsi yang diperoleh dari siklus I ke siklus II meningkat dengan presentasi peningkatan sebesar 56,44%. Uraian diatas menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran seni tari. Kata Kunci : minat belajar, seni tari, model kooperatif snowball throwing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:31
Last Modified: 26 Aug 2021 07:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20781

Actions (login required)

View Item View Item