PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PEMENUHAN HAK MEMPEROLEH PENDIDIKAN (Studi Di Dusun Makmur Desa Bontomanurung Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros)

SUSANTI, SUSI (2021) PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PEMENUHAN HAK MEMPEROLEH PENDIDIKAN (Studi Di Dusun Makmur Desa Bontomanurung Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros). S1 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Susi Susanti - Jurnal SKRIPSI.docx

Download (39kB)

Abstract

ABSTRAK SUSI SUSANTI. 2020.Persepsi Masyarakat tentang Pemenuhan Hak Memperoleh Pendidikan (Studi Di Dusun Makmur Desa Bontomanurung Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros). Skirpsi Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kondisi fisik dan nonfisik Pendidikan yang belum memenuhi kelayakan di Dusun Makmur Desa Bontomanurung Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros; (2) Persepsi masyarakat tentang pemenuhan hak memperoleh pendidikan di Dusun makmur Desa Bontomanurung Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. (3) Upaya yang dilakukan oleh pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Maros dalam pemenuhan hak warga memperoleh pendidikan di Dusun Makmur Desa Bontomanurung Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer ialah Masyarakat Dusun Makmur dan sumber data sekunder Kepala sekolah MIS Hidayatullah, Tenaga pendidik MIS Hidayatullah, Pemerintah daerah tingkat dusun, Desa, Kecamatan, serta Kementerian Agama Kabupaten Maros. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kondisi fisik sarana dan prasarana Pendidikan di Dusun Makmur belum memenuhi kelayakan sebab, kondisi bangunan sekolah masih dari bahan kayu dan sudah lapuk juga, Belum ada perpustakaan khusus sehingga kondisi buku-buku kumuh,lusuh, terhambur dan robek serta akses jalan masih setapak dan sempit. Sedangkan kondisi nonfisik Pendidikan belum memenuhi kelayakan sebab insentif guru rendah, tenaga pendidik yang masih kurang dan siswa jarang belajar. 2) Persepsi masyarakat terhadap pemenuhan hak warga memperoleh Pendidikan di Dusun Makmur Desa Bontomanurung Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros bersifat negative dikarenakan Masyarakat Dusun Makmur berpandangan pemenuhan hak warga atas Pendidikan di Dusun Makmur belum terpenuhi haknya. 3) Upaya pemerintah daerah untuk pemenuhan hak warga memperoleh Pendidikan di Dusun Makmur dalam hal ini pihak kemenag ialah penambahan kelas, mengupayakan ujian berbasis online, memberikan bantuan buku, namun realisasinya belum ada. Kata kunci : Hak atas Pendidikan, Persepsi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Jul 2021 07:39
Last Modified: 21 Jul 2021 07:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20770

Actions (login required)

View Item View Item