Harianto, Harianto and Dalle, Ambo (2018) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 BULUKUMBA. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2 (1). pp. 9-14. ISSN 2549-7359
Text
Jurnal Eralingua Volume 2 No.1 Maret 2018.pdf Download (447kB) |
|
Text
Peer Review Artikel Terindeks Sinta 5 - Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing....pdf Download (614kB) |
|
Text
TURNITIN KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 BULUKUMBA.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalahuntuk memperoleh data dan informasi mengenai keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bulukumba. Penelitian ini merupakan jenis quasi experiment. Pengumpulan datanya melalui tes keterampilan berbicara. Data dianalisis dengan uji-t. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bulukumba yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 102 siswa. Teknik Sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Jumlah sampel adalah 50 siswa. XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 26 siswa. Hasil analisis data menggunakana uji-t menunjukkan bahwa t-hitung (3,85)> t-tabel2,011 pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tipeBamboo Dancing efektif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bulukumba.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bamboo Dancing, Keterampilan Berbicara, Bahasa Jerman. |
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 17 Jul 2021 04:37 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:00 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20764 |
Actions (login required)
View Item |