UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LOMPAT KARDUS PADA SISWA KELAS V SDN 166 LABURAWUNG KABUPATEN SOPPENG

AWALUDDIN, ICHSANUL (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LOMPAT KARDUS PADA SISWA KELAS V SDN 166 LABURAWUNG KABUPATEN SOPPENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan lompat jauh melalui permainan lompat kardus. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SDN 166 Laburawung Kabupaten Soppeng sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN 166 Laburawung Kabupaten Soppeng sebanyak 18 siswa. Penelitian ini menerapkan permainan lompat kardus dalam mengajarkan lompat jauh. Penelitian ini teridiri dari 2 siklus dengan teknik pengambilan data keterampilan hasil belajar menggunakan instrumen lembar observasi sesuai dengan indikator pencapaian. Data hasil yang diperoleh pada siklus pertama yaitu kemampuan siswa berada pada kategori sedang dengan nilai akhir sebesar 73,4 atau berada dibawah nilai KKM sehingga pada siklus pertama dikatakan tidak tuntas dan untuk siklus kedua kemampuan siswa berada pada kategori baik dengan nilai akhir sebesar 80 atau diatas nilai KKM sehingga dapat dikatakan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan bahwa ada peningkatan kemampuan lompat jauh melalui penerapan permainan lopat kardus. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan nilai akhir yang signifikan yaitu dari 73,4 menjadi 80. Kata kunci: lompat jauh gaya jongkok

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 12 Jul 2021 04:20
Last Modified: 12 Jul 2021 04:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20736

Actions (login required)

View Item View Item