PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V.B SD INPRES UNGGULAN TODOPULI KECAMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR

Aras, Latri (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V.B SD INPRES UNGGULAN TODOPULI KECAMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR. In: Seminar Nasional Dies 56 UNM 2017: Pendidikan Berkualitas Membangun Daya Saing Bangsa Menuju Keunggulan Kompetitif, 9 July 2017, UNM, Makassar.

[img] Text
Semnas Dies natalis ke 56.pdf

Download (12MB)
[img] Text
peer reviewer Prosiding Seminor Nosionol Dies 56.pdf

Download (813kB)

Abstract

Abstrak. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V.b SD lnpres Unggulan Todopuli Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V.bSD Inpres Unggulan Todopuli Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V.b SD Inpres Unggulan Todopuli Kecamatan Panalrukang Kota Makassar, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian iiodukun Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah Pembelajaran t{atematika Realistik (PMR) dan hasil belajar Siswa. Setting penelitian adalah SDlnpres Unggulan Todopuli Kecamatan Panakukang Kota Makassar dan yang menjadi subjek penelitian adalah 1 guru dan siswa kelas V.b SD Inpres Unggulan Todopuli sebanyak 35 siswa dengan rincian 14 siswa laki- laki dan 2l siswa perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Pada siklus I hasil belajar matematika siswa berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II hasil belajar matematika siswa berada pada kategori baik. Pada saat proses pembelajaran berlangsung, observer melakukan pengamatan terhadap guru dan teman sejawat membantu melakukan pengamatan terhadap siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.b SD lnpres Unggulan Todopuli Kecamatan Panakukang Kota Makassar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika,realistik, dan hasil belajar
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 10 Jul 2021 08:48
Last Modified: 10 Jul 2021 08:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20732

Actions (login required)

View Item View Item