PENINGKATAN SELF-EFFICACY DAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIWDAALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS VI SDN MAPALA MAKASSAR

Aras, Latri and RAMLAN, RAMLAN (2016) PENINGKATAN SELF-EFFICACY DAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIWDAALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS VI SDN MAPALA MAKASSAR. In: Seminar Nasional "MEGA TREND INOVASI DAN KREASI HASIL PENELITIAN DALAM MENUNJANG PEMBANGUNAN BERKELAN]UTAN", 2 Juni 2016, Makassar, Indonesia.

[img] Text
prosiding mega trend.pdf

Download (9MB)
[img] Text
peer reviewer Prosiding Seminor Nosionol Mego trend.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak. Peningkatan Self-Efficacy dan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAl) pada Siswa Kelas VI SDN Mapala Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan self-fficaq, siswa dalam pelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individttalization (TAl) pada siswa kelas VISDN Mapala Makassar.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atas dua siklus, dengan subyek penelitian siswa kelas VI SDN Mapala Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar matematika siswa pada saat pra tindakan ke siklus I mengalami peningkatan rata-rata dari 50% pada siklus I dan meningkat menjadi 75% pada siklus II. Untuk tes hasil belajar siswa pada siklus I, nilai ratarata tes hasil belajar adalah 64,73 dari nilai ideal dengan nilai tertinggi 92 yang diperoleh I orang siswa dan nilai terendah 35 diperoleh I orang siswa dengan ketuntasan klasikal adalah 75%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,50 dari nilai ideal dengan nilai tertinggi adalah 98 yang diperoleh oleh 2 orang siswa dengan nilai terendah adalah 56 yang diperoleh oleh seorang siswa dengan kriteria ketuntasan 87,5%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar dan telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal. Peningkatan self-Efficacy,siswa pada hal ini dibuktikan oleh hasil angket siswa pada pra tindakan meningkat pada siklus I, dan pada siklus I berada pada kategori sedang dan tinggi kemudian meningkat menjadi kategori tinggi dan sangat tinggi pada siklus IL Secara umum rata-rata pelaksanaan aktivitas guru pada saat pra tindakan meningkat ke siklus I dan pada siklus I dari 3,2 meningkat menjadi 3,8 pada siklus II dengan kategori tinggi menjadi kategori sangat tinggi. Hasil respon siswa menunjukkan 75% siswa menyatakan senang dengan buku siswa yang dibagikan, 80% siswa memberikan respon positif terhadap LKS, 82,5% siswa menyatakan senang dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Self efficacy. model kooperatif tipe TAI
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 10 Jul 2021 08:35
Last Modified: 10 Jul 2021 08:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20731

Actions (login required)

View Item View Item