PEMANFAATAN TRANSPORTASI OJEK ONLINE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR PELANGGAN GRABBIKE)

Mappeati, Andi Maulana (2021) PEMANFAATAN TRANSPORTASI OJEK ONLINE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR PELANGGAN GRABBIKE). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Andi Maulana M.pdf

Download (172kB)

Abstract

PEMANFAATAN TRANSPORTASI OJEK ONLINE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR PELANGGAN GRABBIKE) Andi Maulana Mappeati Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar Email: andimaulanamappeati@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; dampak transportasi ojek online (GrabBike) terhadap pola kehidupan mahasiswa UNM, Faktor yang mendorong mahasiswa UNM memilih transportasi ojek online (GrabBike), Nilai yang berubah dengan kehadiran Driver GrabBike dan mahasiswa UNM sebagai pelanggan GrabBike. Jenis penelitian ini adalah kualitatifdeskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Dampak transportasi ojek online GrabBike terhadap mahasiswa Universitas Negeri Makassar dalam fenomena socialbudaya antropologis sangat bermanfaat dengan pola kehidupan mahasiswa, karenacara pemesanan yang praktis mahasiswa dapat bepergian kemana saja kemudian pelayanan dari driver GrabBike yang cepat, aman, nyaman serta tarif yang terbilangmurah sehingga dapat mengatur waktu dan keuangan menjadi lebih efektif dan efisien. 2) Minat para mahasiswa Universitas Negeri Makassar sehingga menggunakan jasa transportasi ojek online, peran para Driver GrabBike yang mempunyai Sikap ramah serta pembahasan menarik sehingga membuat pelanggan merasa nyaman saat berkendara. 3) Nilai-nilai yang berubah yaitu hilangnya nilai solidaritas para mahasiswa yang biasanya bersama-sama menunggu angkutan umum seperti pete-pete yang dapat meningkatkan ikatan emosional sesama mahasiswa. Sedangkan nilai positifnya yaitu mahasiswa dapat termotifasi untuk ikut berprofesi sebagai driver GrabBike untuk menambah pengalaman dan penghasilan mereka. Kata Kunci: Transportasi ojek online, GrabBike, Manfaat, Pelanggan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Antropologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 05 Jul 2021 06:16
Last Modified: 05 Jul 2021 06:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20673

Actions (login required)

View Item View Item