PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELASV SDI 153 PALLANTIKANG KECAMATAN BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO

Ramadana, Fajra Nur (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELASV SDI 153 PALLANTIKANG KECAMATAN BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK.docx

Download (69kB)

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDI 153 PALLANTIKANG KECAMATAN BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO Fajra Nur Ramadana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Email : fjrhnrrmdhn11@gmail.com Abstrak : Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDI 153 Pallantikang Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDI 153 Pallantikang sebanyak 18 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 8 perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru sebagai pengajar. Teknik analisis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas mengajar guru siklus I berada pada kategori cukup (C) meningkat pada siklus II dan berada pada kategori baik (B), hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II meningkat pada kategori baik (B) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan ketuntasan belajar siklus I pada kategori kurang (K) sedangkan siklus II pencapaian ketuntasan berada pada kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika SDI 153 Pallantikang Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar, matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 28 Jun 2021 04:12
Last Modified: 28 Jun 2021 04:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20561

Actions (login required)

View Item View Item