PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 MAKASSAR

WAHYUDI, INDRA (2021) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel indra wahyudi 1392042018 pend.akuntansi.pdf

Download (212kB)

Abstract

INDRA WAHYUDI Pendidikan Akuntansi,Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar Email : Indrawahyudi9607@gmail.com ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 4 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasinya seluruh siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 4 Makassar yang berjumlah 110 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 37 siswa yang ditentukan berdasarkan kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, analisis keofisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji-t dengan menggunakan SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil analisis data regresi linear sederhana yang dilakukan maka diperoleh model persamaan y= 53,725 + 0,396x. Dari model persamaan, diketahui bahwa nilai konstanta sebesar 53,725. Nilai keofisien korelasi sebesar 0,396 dan taraf signifikansi 0,000<0,050 variabel kecerdasan emosional (X) memiliki hubungan positif terhadap hasil belajar siswa (Y) dengan kategori derajat hubungan sedang. Hasil analisis koefisien determinasi (R2) sebesar 0,317 pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 31,7%. Sedangkan sisanya 68,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hasil analisis uji-t variabel kecerdasan emosional diperoleh nilai t sebesar 4,032 dengan nilai signifikan 0,000<0,050 maka hipotesis yang menyatakan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 4 Makassar, diterima. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 28 Jun 2021 03:51
Last Modified: 28 Jun 2021 03:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20559

Actions (login required)

View Item View Item