PENGARUH PENGETAHUAN K3 (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA) TERHADAP KESADARAN BERPERILAKU K3 DI LABORATORIUM JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR

Adwan, Andi (2021) PENGARUH PENGETAHUAN K3 (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA) TERHADAP KESADARAN BERPERILAKU K3 DI LABORATORIUM JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL ANDI ADWAN. T 1622040004 PENGARUH PENGETAHUAN K3.pdf

Download (847kB)

Abstract

The Effect Of K3 Knowledge (Occupational Health And Safety) On Behaviored Awareness Of K3 At The Laboratory Of Mechanical Engineering Education Department, Makassar State Univesity . T, Nurlaela Latief, Rusli Ismail Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makssar, andiadwan28@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengetahuan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) terhadap kesadaran berperilaku K3 di Laboratorium Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengetahuan K3 sedangkan variabel terikatnya adalah kesadaran berperilaku K3. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2018 jurusan pendidikan teknik mesin Universitas Negeri Makassar, dan sampelnya berjumlah 44 orang mahasiswa angakatan 2018 yang memenuhi kriteria yang sudah di tentukan. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan kuisioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan regresi sederhana. Dimana variabel pengetahuan K3 memiliki berberapa indikator yaitu memahami pengertian dan tujuan K3, identifikasi faktor penyebab kecelakaan, menguraikan cara pencegahan kecelakaan, penggunaan APD saat bekerja dan budaya K3. terkhusus pada indikator budaya K3 merupakan indikator yang paling banyak diberi sekor 4 (sangat setuju) oleh mahasiswa sehingga indikator tersebut merupakan indikator yang mempegaruhi secara signifikan pada variabel pengetahuan K3 terhadap kesadaran berperilaku K3 dibuktikan oleh hasil analisis statistika diperoleh nilai t_hitung sebesar 2,314 lebih besar dari nilai t_(tabel ) 1,681 dengan nilai signifikansi 0.026 < 0,05 dapat diambil kesimpulan bahwa pengetahuan K3 berpegaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran berperilaku K3. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif pengetahuan K3 terhadap kesadaran berperilaku K3 di Laboratorium Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Makassar. Besarnya pengaruh pengetahuan K3 terhadap kesadaran berperilaku K3 sebesar 0,890 (89,0%) di mana 89,0% merupakan persentase dari variabel pengetahuan K3 dan selebihnya di pengaruhi oleh variabel lain yang dapat menigkatkan kesadaran berperilaku K3 pada mahasiswa Jurusan PTM UNM. Kata Kunci : Pengetahuan K3, Kesadaran Berperilaku K3, Laboratorium.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 28 Jun 2021 03:46
Last Modified: 28 Jun 2021 03:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20558

Actions (login required)

View Item View Item