ANALISIS HAND GRIP DAN DUMBBELL TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS BAWAH PERMAINAN BOLAVOLI PADA MAHASISWAPENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA ANGKATAN 2016

Rachmat, Fatuh (2021) ANALISIS HAND GRIP DAN DUMBBELL TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS BAWAH PERMAINAN BOLAVOLI PADA MAHASISWAPENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA ANGKATAN 2016. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (215kB)

Abstract

HAND GRIP AND DUMBBELL ANALYSIS ON THE UNDERSTANDING SERVICE ABILITY OF BOLAVOLI GAMES IN TRAINING EDUCATION STUDENTS FORCE SPORTS 2016 ABSTRAK Fatuh Rachmat. 2020. Analisis Hand Grip dan Dumbbell terhadap Kemampuan Servis Bawah Permainan Bolavoli pada Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Angkatan 2016. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh H. Nukhrawi Nawir dan Jamaluddin) Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kontribusi hand grip terhadap kemampuan servis bawah dalam permainan bolavoli pada mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Angkatan 2016; (2) Kontribusi dumbbell terhadap kemampuan servis bawah dalam permainan bolavoli pada Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Angkatan 2016 dan (3) Kontribusi hand grip dan dumbbell terhadap kemampuan servis bawah dalam permainan bolavoli pada mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Angkatan 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Angkatan 2016 dengan jumlah sampel penelitian 30 mahasiswa dipilih secara random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriftip, uji normalitas data, analisis linearitas dan analisis regresi dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (1) Ada kontribusi hand grip terhadap kemampuan servis bawah dalam permainan bolavoli pada mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Angkatan 2016 sebesar 36,3%; (2) Ada kontribusi dumbbell terhadap kemampuan servis bawah dalam permainan bolavoli pada mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Angkatan 2016 sebesar 58,6%; dan (3) Ada kontribusi hand grip dan dumbbell terhadap kemampuan servis bawah dalam permainan bolavoli pada mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Angkatan 2016 sebesar 66,8%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 25 Jun 2021 06:32
Last Modified: 25 Jun 2021 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20531

Actions (login required)

View Item View Item