PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 MAKASSAR

RACHMAH, SRI (2021) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel(jurnal) SRI RACHMAH 1392040001 PENDIDIKAN AKUNTANSI.pdf

Download (238kB)

Abstract

Pendidikan Akuntansi,Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar Email : sri.rachma1994@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Kelas X Akuntansi di SMK Negeri 4 Makassar Variabel dalam penelitian ini adalah pemanfaatan sekolah sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Populasinya seluruh siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 4 Makassar yang berjumlah 110 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 38 siswa yang ditentukan berdasarkan kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, analisis keofisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji-t dengan menggunakan SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linear Y = 58,203 + 0,310X dan nilai konstanta sebesar 58,203 dan nilai keofisisenregresi sebesar 0,310 yang bernilai positif, yang berarti pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 4 Makassar. Dari analisis korelasinya diperoleh nilai sebesar 0,511 berada pada rentang 0,40-0,59 yang berarti terdapat hubungan yang sedang antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas X akuntansi di SMK Negeri 4 Makassar. Selanjutnya uji-t ditemukan nilai signifikan 0,001 yang lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat hubungan signifkan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas X akuntasi di SMK Negeri 4 Makassar. Pada koefisien determinasinya dipeoleh nilai sebesar 0,262 yang berarti pemanfaatan perpustakaan memiliki kontribusi pengaruh sebesar 26,2 persen terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 4 Makassar. Kata kunci:Pemanfaatan Perpustakaan, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 25 Jun 2021 03:28
Last Modified: 25 Jun 2021 03:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20526

Actions (login required)

View Item View Item