EFEKTIVITAS MODEL BLENDED-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJASAMA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UIN ALAUDDIN MAKASSAR

Hasanah, Hasanah (2020) EFEKTIVITAS MODEL BLENDED-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJASAMA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UIN ALAUDDIN MAKASSAR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel M Miftach Fakhri (E-Prints UNM).pdf

Download (381kB)

Abstract

Abstract: This study aims to: (1) find out the implementation of an effective blended learning model for student learning outcomes and cooperative skills, (2) find out the differences in learning outcomes and student cooperation skills between the experimental class and the control class. The research method is quantitative research with experimental research types. The research design used is quasi experimental. The sample of this research is class A as many as 47 people as the experimental class and class C as many as 45 people as the control class. The statistical analysis used was paired sample t test and independent sample t test. The results of the analysis show: (1) The results of paired simple t test which show the value of t-count is greater than t-table with a sig value smaller than 0.05 which means the implementation of the blended learning model effectively improves student learning outcomes and collaboration skills, ( 2) The results of the independent simple t test show that the t-test value is greater than the t-table with a sig value smaller than 0.05 which means that the learning outcomes and collaboration skills of the experimental class students have significant differences with the control class students. Keywords: Blended Learning Model, Student Learning Outcomes, Cooperative Skills ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi model blended learning yang efektif terhadap hasil belajar dan keterampilan kerja sama mahasiswa, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar dan keterampilan kerja sama mahasiswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Sampel penelitian ini adalah kelas A sebanyak 47 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas C sebanyak 45 orang sebagai kelas kontrol. Analisis statistik yang digunakan adalah paired sample t test dan independent sample t test. Hasil analisis menunjukkan : (1) Hasil uji paired simple t test yang menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dibandingkan t-tabel dengan nilai sig lebih kecil daripada 0.05 yang berarti implementasi dari model blended learning secara efektif meningkatkan hasil belajar dan keterampilan kerjasama mahasiswa, (2) Hasil uji independent simple t test yang menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dibandingkan t-tabel dengan nilai sig lebih kecil daripada 0.05 yang berarti hasil belajar dan keterampilan kerjasama mahasiswa kelas eksperimen memiliki perbedaan secara signifikan dengan mahasiswa kelas kontrol. Kata kunci : Model Blended Learning, Hasil Belajar, Keterampilan Kerja sama PENDAHULUAN

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 24 Jun 2021 08:22
Last Modified: 24 Jun 2021 08:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20515

Actions (login required)

View Item View Item