Rahmadani, Rahmadani (2021) PENGARUH MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN SMK NEGERI 1 PANGKEP. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
1629042006_Rahmadani_Artikel Skripsi.pdf Download (659kB) |
Abstract
Rahmadani1, 3 1,2,3Universitas Negeri Makassar Rahmadanidani175@gmail.com Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar teknologi layanan jaringan, (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar teknologi layanan jaringan dan (3) pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar teknologi layanan jaringan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif yang bersifat ex-post facto. Variabel penelitian ini adalah Motivasi belajar (X1), kemandirian belajar (X2) dan hasil belajar (Y). Populasi penelitian ini adalah siswa Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan kelas XI yang berjumlah 37 orang, sedangkan penentuan sampelnya menggunakan tabel Krejcie sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, teknik analisis regresi sederhana, regresi berganda dan analisis korelasi parsial dengan pengkategorian menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar, (2) terdapat pengaruh yang positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar dan (3) terdapat pengaruh yang positif antara motivasi belajar dan kemandirian belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar secara bersama-sama. Kata kunci: Motivasi, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer |
Divisions: | FAKULTAS TEKNIK |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 02:58 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 02:58 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20503 |
Actions (login required)
View Item |