Strategi Pemasaran Eiger Coffee di Makassar Eiger Coffee Marketing Strategy in Makassar

Achmad, Nurul Aulia (2021) Strategi Pemasaran Eiger Coffee di Makassar Eiger Coffee Marketing Strategy in Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
1611712885141_JURNAL ACHSAN.pdf

Download (125kB)

Abstract

Nurul Aulia Achmad, Hasnawi Haris, Muh. Rizal, Muhammad Guntur, Aris Baharuddin Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar Email: aulia.nurul36@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Eiger Coffee Makassar, dimana teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Peneliti juga mencari tahu seperti apa strategi pemasaran Eiger Coffee Makassar dengan menggunakan rumusan strategi pemasaran yaitu strategi segmentasi pasar (segmentation), strategi target pasar (targeting), dan strategi posisi pasar (positioning). Selain itu peneliti juga mencari tahu bauran pemasaran dari Eiger Coffee Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini ialah Manajer/Leader Barista Eiger Coffee Makassar, Karyawan Eiger Cofee Makassar dan Konsumen Eiger Coffee Makassar. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pemasaran Eiger Coffee Makassar pada perumusan strategi pemasaran segmentation Eiger Coffee difokuskan kepada konsumen yang mencari kopi dengan kualitas dan rasa yang baik tetapi memiliki harga yang relatif lebih murah, targeting Eiger Coffee adalah konsumen penikmat kopi yang mencari kualitas serta rasa tidak ada batasan usia tertentu, dan positioning Eiger Coffee menjadi kedai kopi yang berfokus kepada kualitas produk yang disajikan dengan harga yang terjangkau. Bauran Pemasaran pada Eiger Coffee Makassar yang meliputi product, price, place, dan promotion berjalan cukup baik. Sementara hasil yang ditunjukkan oleh analisis matriks SWOT dimana diagram cartesius berada pada kuadran pertama, menunjukkan bahwa strategi yang paling tepat bagi Eiger Coffee Makassar adalah Strategi SO yang dimana memanfaatkan Strength untuk memaksimalkan Opportunities. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Ilmu Administrasi Bisnis
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 23 Jun 2021 02:52
Last Modified: 23 Jun 2021 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20501

Actions (login required)

View Item View Item