Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD Gugus III Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone

Rahmasari, Aini (2019) Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD Gugus III Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
AINI RAHMASARI.pdf

Download (261kB)

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan prestasi belajar bahasa indonesia. Rumusan masalah yang dikaji penelitian adalah 1) Seberapa tinggi tingkat kemampuan membaca pemahaman, 2) Seberapa tinggi tingkat prestasi belajar bahasa Indonesia, 3) Apakah ada hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dan prestasi belajar bahasa Indonesia.Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa, 2) Mengetahui tingkat prestasi belajar bahasa Indonesia siswa, 3) Mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan prestasi belajar bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian korelasional yang bersifat expost-facto. Data penelitian diperoleh melalui tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 192 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 77 yang ditentukan dengan teknik Cluster sampling. Teknik analisis data adalah Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Statistik Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan membaca pemahaman siswa termasuk dalam kategori baik, 2) Prestasi belajar bahasa Indonesia siswa termasuk dalam kategori sangat baik, dan 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan prestasi belajar bahasa Indonesia. Kesimpulan penelitian adalah ada hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD gugus III Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone dan semakin tinggi kemampuan membaca pemahaman siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar bahasa Indonesia yang diperoleh siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Tanete Riatang Barat Kabupaten Bone. Kata kunci: Kemampuan Membaca Pemahaman, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Juhaeda Juhaeda Pustakawan
Date Deposited: 17 Jun 2021 02:32
Last Modified: 17 Jun 2021 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20411

Actions (login required)

View Item View Item