Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Kuis Tim dan Model Pengajaran Langsung. Skripsi.

Haslinda Sri, Wahyuni H. (2015) Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Kuis Tim dan Model Pengajaran Langsung. Skripsi. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Haslinda Sri Wahyuni H..docx

Download (16kB)

ABSTRAK Haslinda Sri Wahyuni H. 2015. Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Kuis Tim dan Model Pengajaran Langsung. Skripsi. Universitas Negeri Makassar. Pembimbing Drs. H. Darwing Paduppai, M.Pd. dan H. Sukarna, M.si. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran aktif dan model pengajaran langsung materi operasi himpunan pada siswa kelas VIIe dan kelas VIIg SMP Frater Makassar. Unit ekperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Frater Makassar tahun pelajaran 2014/2015 dan dipilih secara random 2 kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas VIIe sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIIg sebagai kelas eksperimen II. Data dikumpulkan dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran serta hasil belajar matematika, yaitu pretest dan posttest. Data dianalisis secara deskriptif dan statistika inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VIIe SMP Frater Makassar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe kuis tim berada pada kategori sangat tinggi yaitu 86,05. Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pengajaran langsung berada pada kategori rendah yaitu 53,90. Dengan persentase nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe kuis tim lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan model pengajaran langsung. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIIe dan VIIg SMP Frater Makassar tahun ajaran 2014/2015 antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe kuis tim dan model pengajaran langsung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Aktif Tipe Kuis Tim, Model Pengajaran Langsung, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 07:00
Last Modified: 25 Apr 2016 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item View Item