Anggraeni, Anggita Triaji (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERSIKLUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X RPL SMK NEGERI 7 MAKASSAR PADA MATA PEMBELAJARAN SISTEM KOMPUTER. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
PTIK-1529041045-Anggita Triaji Anggraeni.pdf Download (196kB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer kelas X RPL SMKN 7 Makassar dengan menerapkan model pembelajaran bersiklus (learning cycle). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, tindakan, pengamanan dan refleksi. Pengambilan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X RPL. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa penerapan model pembelajaran bersiklus (learning cycle) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X RPL SMKN 7 Makassar. Di mana pada pretest siklus I siswa yang tuntas sebanyak 34,375%, pada posttest siklus I siswa yang tuntas sebanyak 53,125%, dan pada pretest siklus II siswa yang tuntas sebanyak 59,375% , pada posttest siklus II siswa yang tuntas sebanyak 84,375%. Dari data tersebut dapat dilihat terjadi peningkatan hasil belajar. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Learning Cycle, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik elektro |
Divisions: | FAKULTAS TEKNIK |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 05:27 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 05:27 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20387 |
Actions (login required)
View Item |