PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII IPS DI SMA CITRA BANGSA

Pratiwi, Windy (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII IPS DI SMA CITRA BANGSA. jurnal Mahasiswa.

[img] Text
ARTIKEL-1692042003-WINDY PRATIWI-PENDIDKAN AKUNTANSI-FE.docx

Download (19kB)

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII IPS DI SMA CITRA BANGSA Pendidikan akuntansi fakultas ekonomi Univeritas Negeri Makassar e-mail : windypratiwi1998@gmail.com RINGKASAN Windy Pratiwi. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XII IPS SMA Citra Bangsa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: Prof. Dr. H. Muhammad Azis, M.Si. dan Dra.Sitti Hajerah Hasyim, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XII IPS SMA Citra Bangsa. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning (X) dan hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII IPS SMA Citra Bangsa yang terdiri dari 31 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sebesar 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen dan uji hipotesis. Uji instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Sementara uji hipotesis terdiri dari analisis regresi linear sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, model pembelajaran discovery learning termasuk dalam kategori baik sementara untuk hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XII IPS SMA Citra Bangsa termasuk dalam kategori baik. Dari hasil analisis regeresi linear sederhana diperoleh model persamaan "Y" ̂=63,525 + 2,535Xyang berarti tiap penambahan 1 nilai model pembelajaran discovery learning, maka nilai hasil belajar akuntansi siswa mengalami peningkatan sebesar 2,535. Sedangkan uji korelasi product moment diperoleh koefisien 0,687 yang berada pada kategori kuat yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil analisis koefisien determinasi (r2) diperoleh nilai r2 = 47,2% yang berarti model pembelajaran discovery learning memiliki kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 47,2 persen dan sisanya 52,8 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Sementara dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05 yang berarti model pembelajaran discovery learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dengan demikian hipotesis diterima. Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 16 Jun 2021 05:21
Last Modified: 16 Jun 2021 05:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20385

Actions (login required)

View Item View Item